Sugestimu Mengalihkan Duniaku

ilmu-sugestiSugesti oh sugesti..”mas firman saya minta disugesti agar saya percaya diri”, “beri sugesti agar saya berani pak firman”, “apa sugestinya agar saya bisa kaya”, dan banyak lagi permintaan seperti ini yang masuk ke sms, acc facebook maupun bbm. Kalau minta sugesti untuk percaya diri ya saya hanya jawab “skrg kamu harus percaya diri ya”, kalau sugesti agar berani ya saya jawab “sekarang kamu jadi pemberani”, kalau sugesti agar banyak uang ya “kamu bisa kaya” . Banyak orang belum menyadari bahwa makna sugesti adalah “saran”, saran itu nasehat. Ketika orang tua sedang menasehati anaknya maka itu juga sebuah sugesti, ketika seorang pimpinan memberikan arahan kepada stafnya maka itu juga sugesti, ketika seorang pemuka agama memberikan ceramah maka itu juga sugesti.

Saya kemarin bertemu dengan seorang “staf penjualan” dari salah satu perusahaan mobil mewah, sebut merk ya “jeep”, menawarkan produk mobilnya yang harganya “keren” juga dengan hadiah langsung sebuah gadget keren. Staf ini seorang wanita yang bisa saya sebut cantik, ya seperti kebanyakan staf penjualan lainnya, anda tahu dong. Dia mendekati saya ketika saya sedang makan di sebuah restaurant yang kebetulan didepannya ada “tenda promo” mobil itu. Dia masuk lalu minta izin menawarkan, karena saya sedang sendirian maka saya iyakan. Lalu mengajak kenalan.

Dia menawarkan kelebihan mobil jeep ini yang memang saya tahu kualitasnya bagus, lalu dia mulai menceritakan bonus dan program cicilannya, lalu ada sebuah kalimat yang muncul dari dia “Pak firman, kalau pake yang jeep wrangler ini pasti tambah keren, kan tinggi gagah gitu mas, lebih terasa sportynya dibandingkan terios putihnya”. Saya hanya tersenyum sambil dalam hati berucap “wah, mulai keluar jurus-jurusnya, masak pakar pikiran kalah hehe”. Dengan pakaian yang juga bagus, wajah yang cantik maka otomatis pasti membuat seorang laki-laki normal seperti saya mengagumi,wajar kan. Sugestinya mengalihkan dunia saya saat itu hehe.

Sebuah sugesti masuk bukan hanya karena kalimatnya, tetapi juga karena siapa yang menyampaikan, coba kalau mbak itu menggunakan baju yang kotor, lecek dan mukanya tidak bermake-up, pasti saya sudah menjauh ya kan. Sebuah sugesti lebih mudah mengena jika didukung dengan penampilan orang yang menyampaikan. Misalnya ada dua orang yang mengaku dokter, yang orang A menggunakan jas putih medis dengan stetoskop menggantung. Sementara orang B menggunakan kaos dan celana jeans. Ketika keduanya memberikan sugesti yang sama, kira-kira mana yang mau anda turuti? Pasti yang berjas putih medis kan?

customer support team lead by a friendly girl smiling in an office

Tetapi apakah orang yang berjas putih medis itu pasti dokter? bukan kan?hehe…cerdas ya dalam memilih sugesti, jangan hanya karena tampilan yang menyampaikan saja langsung mengiyakan semua sugestinya. Karena kelemahan ini yang sekarang banyak digunakan banyak orang. Menggunakan dasi,berjas lalu bicara, maka orang sudah menganggap dia orang kaya. Menggunakan pakaian putih-putih bersurban kemudian memegang tasbih sudah dianggap orang suci hehe. Padahal bisa aja dia sewa kan.

Perhatikan lebih dalam dari layer terluar itu, perhatikan “kata-kata” yang keluar, jangan terfokus kepada tampilan terluar, apa yang digunakan diluar belum tentu menampilkan apa yang didalam. Sebuah sugesti baik bisa keluar dari seorang pengemis, dari seorang yang terlihat sederhana. Kalau di agama, semua nabi dan rasul pasti mengajarkan kesederhanaan, yang dimaksud sederhana disini bukan miskin, tetapi tampilan luar yang biasa, baju bersih, rapi, harum. Karena kaya-miskin, baik-jelek, bukan hanya dilihat dari sugesti luar, tetapi dari sugesti yang sebenarnya keluar dari dalam dirinya, dari dalam hatinya, dari pikiran bawah sadarnya.

mengatasi-sugesti-berbahaya

Meskipun anda bertemu orang berpakaian jas dokter, maka hati-hati jangan langsung tersugesti dengan pakaiannya, bertemu dengan seseorang berseragam polisi, hati-hati juga jangan langsung tersugesti. Sebuah sugesti luar bisa mengalihkan dunia anda, jadi kita harus cerdas ya dalam memilih.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s