Sugesti Orang Tua Sangat Menentukan Karakter Seorang Anak

sugesti-anak-positifMenjadi orang tua adalah ketika anda diberi titipan seorang anak dari Tuhan, ya sebutan sebagai orang tua baru diberikan kepada seorang dewasa ketika sudah memiliki anak, karena ketika seseorang menganjak dewasa tetapi belum memiliki anak maka itu artinya belum disebut sebagai orang tua. Menjadi orang tua tentu memiliki kapasitas dan tanggung jawab yang berbeda dengan orang dewasa lainnya, atau dengan pasangan suami istri yang masih belum dikarunai anak. Menjadi orang tua artinya diberikan kesempatan oleh TUHAN untuk membentuk seorang manusia, membentuk secara karakter dan kualitas kehidupannya, karena tugas yang mulia ini maka para orang tua harusnya memiliki ilmu yang benar dalam membentuk karakter dan kualitas hidup anak.

Banyak orang tua yang kadang hanya merasa tugasnya itu sebatas membuat seorang anak bisa hidup, diberi makan, diberi baju, diberi tempat tinggal, hanya sebatas kebutuhan fisik seperti itu saja padahal ada tugas lain yang lebih mulia yang lebih hebat yaitu memenuhi kebutuhan pikirannya, yaitu bagaimana memprogram seorang anak untuk menjadi pribadi yang lebih baik dari orang tuanya, menjadi pribadi yang lebih kaya, menjadi pribadi yang lebih santun dan lebih bermanfaat. Ketika orang tua kita dulu dengan ilmu yang dimilikinya membantuk kita seperti ini, maka kita yang sekarang diberi giliran menjadi orang tua harus membentuk anak-anak kita menjadi lebih baik.

Untuk membentuk karakter anak diperlukan ilmu yang benar, ilmu tentang pikiran, ilmu tentang bagaimana mensugesti seorang anak agar sugesti-sugesti yang baik terinstal didalam pikirannya sehingga membentuk karakter diri seorang anak dan mejadikan nyata di kehidupannya. Ada kisah dua teman saya yang memperlakukan anak-anaknya secara berbeda. Teman saya A ketika anaknya berbuat sesuatu yang terkesan nakal, misalnya mencoret tembok, menggeser kursi dan perilaku lainnya langsung mengatakan “Ayo, diem, kamu nakal, diem” dengan nada yang membentak. Sedangkan teman saya B ketika anaknya berbuat sesuatu yang terkesan nakal seperti kejadian diatas langsung memegang anaknya, dan berkata “ayo anak kreatif, anak sholeh, anak pinter, dirapikan dulu, anaknya bunda kan suka yang rapi”

menjadi-orang-tua-baik

Ada peristiwa yang sama dilakukan oleh dua orang anak, tetapi ternyata sugesti yang diberikan oleh orang tuanya masing-masing anak juga berbeda. Mungkin sebagian orang tua belum menyadari bahwa semua ucapan yang orang tua berikan kepada anak itu adalah sugesti yang masuk ke pikiran anak-anak kita, karena anak-anak termasuk kelompok manusia yang masih mudah menerima pengaruh maka ucapan orang tua pasti membentuk karakter anaknya. Ketika saya ditemui oleh para orang tua yang mengeluhkan karakter anaknya, maka yang saya berikan saran atau sugesti bukanlah anaknya tetapi orang tuanya. Sebab yang membentuk karakter anak itu sejatinya adalah orang tuanya sendiri.

hari-anak-nasional

Inilah pentingya mempelajari ilmu pikiran bagi semua orang tua, bahkan karakter anak sudah bisa dibentuk orang tuanya sejak masih dalam kandungan. Artikel ini saya tulis juga untuk memperingati hari anak nasional yang jatuh pada tanggal 23 Juli ini, mari bentuk anak-anak kita menjadi pribadi yang kreatif, berani dan memiliki nilai manfaat bagi dirinya dan sekitarnya. Kalau anda sebagai orang tua selama ini suka memberikan sugesti-sugesti yang negatif yang buruk, maka sekarang anda harus sadar dan mulai mengubah sugesti-sugesti anda dengan sugesti yang baik, yang baik dan bermanfaat bagi anak anda, kekuatan sugesti anda adalah hal utama pembentuk karakter anak anda.

Iklan

Satu respons untuk “Sugesti Orang Tua Sangat Menentukan Karakter Seorang Anak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s